Rabu, Desember 19, 2012

Belanja Mingguan ala Saya...

at 12/19/2012 09:29:00 AM
Pagi2 sampe kantor mumpung masih sepi
dan belum terlalu sibuk
iseng nulis dulu ...

Okeh...
mau bahas tentang belanja mingguan aja
ini dengan kondisi sekarang ya
kondisi anak 1 yang sudah makan table food dan ortunya yang bawa bekel ngantor.

Saya biasa belanja tiap sabtu
kenapa?
karena biar hari minggunya bisa leha2 gegoleran

Belanjanya dimana?

ofkors pastrad alias pasar tradisional tercintah dong ah...
sagala ada...
dan lebih fresh *menurut saya

Budget berapa?
kalo saya biasanya 100rb unt budget belanja mingguan
gimana caranya supaya dapetnya banyak
*makirit

Biasanya beli apa?
macem2

nih saya kasi listnya ya
#berdasarkan harga saat ini dan diluar kekalapan saya. list berubah2 tergantung mood saya kokinya.

1. Lauk pauk mentah 
    - Ayam 1 ekor harga 24rb-28rb
    - Ikan kakap potong 10rb (biassanya 5potong)
    - Udang 5rb
    - Telor 1/4 (kalo stok abis)
    - Ati ampela 10rb ( bisa dapet 5pasang)
2. Sayur-mayur
    - Wortel 1/4
    - Brokoli 1bh yg sedang
    - Sawi seribu
    - Buncis 2rb
    - Terong 2rb
    - Daun bwang seledri seribu
    - Jagung manis 3bh 5rb aja
3. Buah2an
    - Jeruk medan sekilo sekitar 15rb'an
    - Apel malang hijau 5rb perkantong (sekitar 4bh)
    - Pisang ambon 3rb
    - Alpukat sekilo sekitar 15rb
4. Bumbu2
    - Bumbu dapur seribu
    - Cabe merah 2rb
    - Duobawang 5rb
    - Cabe rawit merah 2rb
    - Bombay 2rb
5. Lain-lain
    - Labu parang  5rb/potongan 
 dan lain-lain

Nah semua itu bagaimana caranya bisa diolah untuk seminggu
klo sayur2an yang mudah layu saya biasa beli di tukang sayur yg lewat depan rumah
semacam kangkung/bayam

Nah, untuk penyimpanannya 
- Lauk-pauk, saya cuci bersih bagi2 persekali masak masukin plastik dan taro di freezer.
- Sayur2an, saya bungkus plastik lalu taro kulkas bagian bawah , biar lebih awet dan gak mudah layu.
- Buah2an : Apel dan jeruk saya letakkan kulkas bagian bawah, kalo kayak pisang dan alpukat tidak di taro di kulkas.
- Bumbu2 : Cabe masuk plastik dan taro di kulkas bagian bawah, kalo bawang2an saya taro dapur.

Nah sekian...


0 comments:

 

The Budiman's Family Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting

Daisypath Happy Birthday tickers
Daisypath Anniversary tickers