Kamis, November 08, 2012

Menejemen Waktu ala Saya

at 11/08/2012 02:46:00 PM
Status saya sekarang
Working Mom dengan seorang Putri
Udah Mom pake Working Lagi *apa seh..

Kalo dulu waktu jadi ibu sih cm fokus sama urus suami dan baby aja
lah kalo sekarang di tambah lagi ngurusin kerjaan
plus badan jadi kurus ..eh
gak deng itu sih udah emg bakat yg gak bisa gemuk

Waktu Khanza belum MPASI dan cuma ngASI doang sih kerjaan belum bejibun paling cuma masak seadanya, nyuci , ngepel, nyetrika, beres2 rumah dan perkerjaan RT yg lainnya, yg saya rasa masih biasa2 aja.

Setelah Khanza MPASI, mulai nambah kerjaan yaitu bikinin MPASI homemadenya dia, stok frozzen food setiap minggu. itu saya belum kerja

Nah, semenjak saya memutuskan jadi WM November 2011 lalu
saya harus puter otak
bagaimana caranya membagi waktu seefektif mungkin
biar Anak, suami, rumah dan diri sendiri bisa keurus dengan baik.

Untung sekarang ada teknik frozzen food untuk MPASI lumayan terbantu sama ini
waktu  itu kan  saya mulai kerja saat Khanza menuju 7m

Khanza 7m-8m
 jadi masih MPASI yg simple kayak pure, bubur lembut aja
Saya paling tiap subuh bangun trus masak buburnya  dia sambil di tinggal mandi, sudah kelar  mandi buburnya jadi dan segera di blender, kalo mau di kasi saus paling saya kasi frozzen purenya aja.
Saya masak buat porsi 2x makan, karena khanza MPASInya masih 2x makan berat dan 1x camilan dan ASIP.

Khanza masuk usia 8m-9m
Saya pake metode yg sama , cuma buburnya gak diblender tapi di saring, MPASI Khanza bubut tim saring 2x Camilan 2x dan ASIP

Khanza 9-10m
Masih pake metode yang sama, cuma lebih bervariasi di campuran antara, karbo, protein dan sayurannya.
Tim kasar 3x, semilan 2x dan ASIP

Kondisi diatas itu ketika saya tinggal di rumah orang tua, karena selama saya kerja Khanza saya titip di sana bersama dengan mama n papanya  yang ngungsi dari Senin-Jumat.
Sabtu-Minggu kami pulang kerumah
Sabtu pagi saya belanja lalu bikin frozzen food, biskuit bayi dll
Minggu sore sudah harus balik lagi ke rumah ortu bersama dengan frozzen food dan stok ASIP, yang saya tao di cooler box dan selanjutnya dipindah ke kulkas ortu *freezernya di bajak Khanza :p
dan perlengkapan Khanza, Baju kami bertiga, baju kerja saya dan si papa. Pokoknya seperti pengungsi deh.
Hehehe

Masuk usia 11m kira2
Khanza mulai di titip ke adik ibuku yg rumahnya lumayan dekat dengan kami.
itu karena gak kuat saya dan suami lama-lama jika menempuh perjalanan PP kantor dan rumah ortu di duren sawit , bisa 4 jam PP. Tenaga habis terkuras di jalan.
Belum lagi jika si papa lembur pulang larut malam dia dengan terpaksa tidur di rumah dan tidak bisa bertemu dengan anak kesayangannya.
MPASI Khanza : Sarapan bubur oats, Nasi tim lembek 2x, cemilan 2x + ASIP
Metodenya masih sama.

Khanza 12m s.d Sekarang
Dia sudah bisa makan nasi *Alhamdulillah
Nah mulailah merubah pembagian waktu.

Senin-Jumat

Malam sebelumnya saya masak buat bekal saya dan si papa, ini juga menu yg kira2 butuh proses lebih lama.
Selesai masak tidur.
keesokannya, Subuh jam 4.30 / 5.00 saya bangun, yg saya lakukan
-Menyalakan kompor 1, masak buat sayurnya Khanza , biasanya saya buat macam sop2an, pertama jerang air di panci kecil lalu saya beri ceker 1bh, bawang putih di geprek, wortel kentang biarkan mendidih dgn api kecil .
-Kompor 2, untuk mengukus oat, lauk2 frozzen (nugget dll), sayuran kukus unt camilan, labu parang/Jagung/kentang untuk campuran oats.
-lalu saya tinggal mandi * mandi juga gak pake lama ya
- Kelar mandi lalu shalat, pake baju , dandan semua serba kilat sambil gak lupa sesekali liatin masakan.
- Sayur matang, kukusan matang, lanjut menghangatkan lauk dan sayur buat bekal saya dan suami.
- Lanjut menyiapkan bekal saya, suami dan Khanza di tempat masing2.
- Lalu bikinin teh suami
- Suami bangun  shalat, mandi lalu ngeteh sambil makan cemilan apa yg ada.
- Jam 6.00 Khanza biasanya bagun,
- Lalu gak lama suami berangkat kerja tak lupa cupika cupiki sama saya dan putrinya.
- Jam 7.30 Khanza saya antar ke rumah eyang mudanya.
- Jam 7 Sampe rumah, saya sarapan, beberes sedikit, nyiapin barang bawaan ( cooler box, botol ASIP dll)\
- Jam 7.30 berangkat deh
- Pulang kantor sampai rumah  jam 17.30, mandi kilat lalu langsung berangkat lagi jemput Khanza
- Jam 18.30 Sudah di rumah, main2 sama anak deh
- Jam 20.00 biassanya Khanza udh minta ngASI sekalian bobo...

Sabtu - Minggu

Sabtu : 
- Belanja kebutuhan selama seminggu ( sayur, lauk, buah dll),
- Bikin frozzen food ( Nugget *sekalian buat jualan, Cake camilan *sekalian buat jualan, Ayam ungkep, dll)
- Malam minggu biasanya jalan2, walaupun cuma ke monas yg penting hepi : D
- Nyuci baju
-Dll

Minggu 
- Setrika baju
- Masak
- Nyiapin perlengkapan Khanza, saya dan papanya buat besok.
- Ke rumah orang tua
- dll

Begitu seterusnya hingga sekarang.

Jadi walau meski tanpa ART Alhamdulillah selama ini bisa di jalani.

Karena ada suami yg tanpa segan - segan membantu pekerjaan istrinya.
seperti : Nyuapi Khanza, nyebokin, Ajak main, menidurkan*jangan heran yak.

Alhamdulillah punya partner yang solid , loyal, dan kompak
* Peluk suami sendiri.

0 comments:

 

The Budiman's Family Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting

Daisypath Happy Birthday tickers
Daisypath Anniversary tickers